Minggu, 30 September 2012

Bahaya Radiasi Monitor Komputer Terhadap Kesehatan Mata

Duduk berlama-lama didepan komputer memang mengasyikkan, baik itu memang sebagai sebuah pekerjaan atau hanya sekedar mengisi waktu luang. Tidak jarang kita mampu duduk didepan komputer sampai berjam-jam tanpa istirahat. Apalagi sekarang di dunia internet banyak terdapat social network (jejaring sosial). Selain itu, bagi para pengemar game, baik game-game instalan di komputer atau game online yang banyak beredar di dunia internet juga menjadi sebab utama kita mampu bertahan lama didepan komputer. Kalau kita duduk berlama-lama di depan komputer, tanpa disadari mata menjadi berair dan terasa pedih. Mengapa demikian? Sedang sedihkah kita? Ternyata bukan ya teman-teman. Itu pengaruh dari radiasi yang ditimbulkan layar komputer.

Monitor komputer menghasilkan beberapa jenis radiasi, yang kesemuanya tidak dapat diderai oleh panca indera kita. Adapun gelombang gelombang dan radiasi yang dihasilkan oleh sebua monitor adalah (Dipa, 1994):
  • Sinar X
  • Sinar ultraviolet
  • Gelombang mikro
  • Radiasi elektromagnetik frekuensi sangat rendah
 Tahukah Anda bahwa radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan komputer bisa mengganggu kesehatan? Studi yang dilakukan American Optometric Association (AOA) mencetuskan bahwa radiasi komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya.
Kebanyakan gejala yang dikeluhkan responden adalah soal kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata kering. Masalah visual lainnya yang timbul adalah soal gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu.
Nah bagi Anda yang sering nongkrong di depan komputer, lindungi dan rawatlah mata Anda dari radiasi yang ditimbulkannya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindarinya:
  1. Pakai pelindung layar komputer (filter) 
  2. Pilih layar komputer yang radiasinya rendah (LCD rendah radiasinya gan)
  3. Jagalah jarak pandangan mata dengan monitor
  4. Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata
  5. Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata
  6. Istirahatkan mata sejenak
  7. Seringlah mengedipkan mata
  8. Pakailah kacamata dengan lensa khusus untuk komputer
  9. Perbanyak konsumsi vitamin A 
  10. Jika merasa mata mengalami gangguan, segera pergi ke dokter mata untuk meyakinkan bahwa mata Anda benar-benar sehat

0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com